WHAT WE DO ?

Kami yakin bahwa perlindungan lingkungan hidup tidaklah cukup dengan disuarakan saja, namun diperlukan tidankan nyata dari semua unsur staek holder di tingkat daerah maupun di tingkatan pemerintahan pusat.

kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami butuh dukungan anda, saran, kritik serta aksi anda, untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

CONTACT INFO
  • Address: Jl. Raja Yamin, Lorong Cemara 3 No.43 A RT.25 Kelurahan Selamat, Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi Provinsi Jambi 36124 Indonesia
  • Phone: 0741-5910980
  • Email: office@walestra.or.id

Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Pelestarian Taman Nasional Kerinci Seblat

Berita walestra.or.id 03 April 2018

“Perempuan dan Alam merupakan kedua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena memiliki fungsi yang sama yaitu memproduksi kehidupan.
(Minarni, Perempuan Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci)”

Menyadari begitu pentingnya keberadaan kawasan hutan bagi kehidupan kaum perempuan, baik sebagai sumber kehidupan, sumber penghidupan, serta sebagai sumber pengetahuan, dengan difasilitasi oleh Walestra, pada hari sabtu tanggal 31 Maret 2018, bertempat di Balai Desa Koto Tuo Kabupaten Kerinci, telah terbangun sebuah wadah organisasi kaum perempuan dengan nama “Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Pelestarian Taman Nasional Kerinci-Seblat” yang diketuai oleh Yen Ekawati di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Adapun misi terbangunnya organisasi ini, selain kaum perempuan ingin terlibat aktif dalam mendukung pengelolaan sumberdaya alam secara berkelanjutan yang ada di ruang kehidupan mereka, juga ingin terlibat aktif di dalam mendukung pelestarian kawasan Taman Nasional Kerinci-Seblat yang berada di wilayah Kabupaten Kerinci. Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Pelestarian Taman Nasional Kerinci-Seblat ini beranggotkan kaum perempuan yang berasal dari 14 desa penyangga Taman Nasional Kerinci-Seblat yang berada di Kabupaten Kerinci.
Semoga dengan lahirnya Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Pelestarian Taman Nasional Kerinci-Seblat di Kabupaten Kerinci ini selain dapat menjadi wadah aspirasi dan perjuangan kaum perempuan di dalam merealisasikan kesetaraan hak perempuan di dalam pengelolaan sumberdaya alam, juga dapat menjadi wadah organisasi bagi kaum perempuan di dalam mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam, khususnya sumberdaya hutan yang ada di ruang kehidupan mereka secara berkelanjutan dan berkeadilan.

Baca Juga : Membumikan Gerakan Ecofeminisme Dalam Penyelamatan Lingkungan dan Kehidupan


Tags: Berita Hutan Curah Pikir