WHAT WE DO ?

Kami yakin bahwa perlindungan lingkungan hidup tidaklah cukup dengan disuarakan saja, namun diperlukan tidankan nyata dari semua unsur staek holder di tingkat daerah maupun di tingkatan pemerintahan pusat.

kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami butuh dukungan anda, saran, kritik serta aksi anda, untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

CONTACT INFO
  • Address: Jl. Raja Yamin, Lorong Cemara 3 No.43 A RT.25 Kelurahan Selamat, Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi Provinsi Jambi 36124 Indonesia
  • Phone: 0741-5910980
  • Email: office@walestra.or.id

FORUM PEREMPUAN PEDULI HUTAN ADAT DAN KELESTARIAN TNKS BERDIALOG

Berita walestra.or.id 01 October 2018

Dalam upaya memperkuat keterlibatan perempuan di dalam pengelolaan sumber daya hutan di Kabupaten Kerinci, bertempat di aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kerinci, dengan difasilitasi oleh Walestra bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kerinci diselenggarakan dialog Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Kelestarian TNKS dengan Pemerintah Daerah Kelompok Perempuan DocKabupaten Kerinci dengan tema “Memperkuat keterlibatan perempuan di dalam pengelolaan sumber daya hutan di Kabupaten Kerinci”. Acara dialog ini dihadiri oleh berbagai instansi terkait antara lain Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kerinci, KPHP Unit 1 Kerinci dan pihak Balai TNKS.

Acar dialog ini diselenggarakan selain diharapkan Pemerintah Daerah mengetahui program kegiatan Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Kelestarian TNKS yang telah dilaksanakan, juga diharapkan agar Pemerintah Daerah dapat mengalokasikan anggaran program kegiatan yang lebih besar dalam rangka mendukung peran aktif keterlibatan kaum perempuan di dalam pengelolaan sumberdaya alam di kabupaten Kerinci.

Ibu Nila Kesuma dari Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kerinci pada pembukaan acara dialog menyampaikan “Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kerinci sangat mengapresiasi dengan telah terbentuknya Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Kelestarian TNKS di Kabupaten Kerinci, dan kedepan diharapkan melalui organisasi yang telah terbentuk, kaum perempuan di Kabupaten Kerinci akan dapat banyak membantu Pemerintah Daerah dalam rangka menjaga kelestarian hutan kita dan juga kelestarian Taman Nasional Kerinci-Seblat (TNKS) sebagai salah satu paru-paru dunia khususnya di wilayah Kabupaten Kerinci, dan kedepan kita juga berupaya agar agenda program forum Perempuan ini dapat masuk dan didukung oleh Pemerintah Daerah termasuk juga alokasi pendanaannya”.

Pada acara dialog, Program Manager Walestra, Jefri Nurahman mengatakan “Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Kelestarian TNKS ini terbentuk dari 15 kelompok perempuan dari desa-desa yang ada di Kabupaten Kerinci yang selama ini merupakan wilayah program Walestra. Acara dialog ini digagas selain dalam rangka untuk memperluas peran dan keterlibatan aktif kaum perempuan dalam pengelolaan sumberdaya alam di Kabupaten Kerinci melalui dukungan program kegiatan dari instansi tehnis Pemerintah Kabupaten, juga dimaksudkan untuk mewujudkan agenda besar yang perlu kita wujudkan secara bersama-sama yaitu upaya mendorong kesetaraan hak-hak kaum perempuan di dalam issue pengelolaan sumberdaya alam melalui dukungan program kegiatan dari Pemerintah Daerah ungkapnya”.

Dalam kesempatan yang sama, Yen Ekawati selaku ketua Forum Perempuan Peduli Hutan Adat dan Kelestarian TNKS Kabupaten Kerinci menyampaikan “melalui acara dialog ini harapannya pihak pemerintah daerah melalui instansi tehnis kedepannya bisa berkerja sama dengan erat dengan kami di dalam berbagai bidang kegiatan, khususnya terkiat pemberdayaan perempuan di dalam pengelolaan sumberdaya hutan di Kabupaten Kerinci”.

Baca Juga : Membumikan Gerakan Ecofeminisme Dalam Penyelamatan Lingkungan dan Kehidupan


Tags: Berita Hutan Curah Pikir