WHAT WE DO ?

Kami yakin bahwa perlindungan lingkungan hidup tidaklah cukup dengan disuarakan saja, namun diperlukan tidankan nyata dari semua unsur staek holder di tingkat daerah maupun di tingkatan pemerintahan pusat.

kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami butuh dukungan anda, saran, kritik serta aksi anda, untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik.

CONTACT INFO
  • Address: Jl. Raja Yamin, Lorong Cemara 3 No.43 A RT.25 Kelurahan Selamat, Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi Provinsi Jambi 36124 Indonesia
  • Phone: 0741-5910980
  • Email: office@walestra.or.id

Urgensi Pengarusutamaan Skema PHBM Dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia

Curah Pikir Mustaem 10 September 2019

Oleh: Mustaem(1)
Pendahuluan
Keberadaan kawasan hutan memegang peranan penting dalam menunjang keberlanjutan kehidupan semua mahluk hidup di dunia.

Hutan banyak memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh sebab itu diperlukan kesadaran bersama untuk mendorong dan menjaga kelestarian sumberdaya hutan. Setiap tahun, luasan kawasan hutan yang ada di Indonesia cenderung terus berkurang. Data FWI tahun 2014 menginformasikan bahwa kehilangan tutupan hutan alam (deforestasi) di Indonesia pada periode 2009-2013 adalah sekitar 4,50 juta hektar, dan laju kehilangan hutan alam Indonesia sekitar 1,13 juta hektar per tahun(2). Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya hal tersebut, antara lain kebakaran hutan dan lahan, maraknya alihfungsi kawasan hutan untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit(3), perluasan HTI, Tambang, serta aktivitas perusahaan yang hanya mengambil hasil kayu kemudian setelah izin konsesi mereka berakhir kawasan hutan tersebut dibiarkan terlantar. Menurut Widyantoro (2013) luas hutan yang terlantar karena ditinggalkan perusahaan (tidak aktif) adalah 14,7 juta ha, hutan alam sekunder tidak dibebani hak dan terlantar adalah 33,6 juta ha(4).

Untuk informasi selengkapnya silakan unduh di : https://walestra.or.id/getPublikasi (Urgensi Pengarusutamaan Skema Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat
Dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia)

Baca Juga : Membumikan Gerakan Ecofeminisme Dalam Penyelamatan Lingkungan dan Kehidupan


Tags: Berita Curah Pikir